MODUL 1 PERCOBAAN 3
[


1. 
Alat dan Bahan [Kembali]

2.1 Alat
a.. Jumper
Gambar 1. Jumper


2.2 Bahan 
a. Keypad



b. LCD
b. Mikrokontroler





2. Dasar Teori [Kembali]
a. LCD
    LCD atau Liquid Crystal Display adalah suatu jenis media display (tampilan) yang menggunakan kristal cair (liquid crystal) untuk menghasilkan gambar yang terlihat. Teknologi Display LCD ini memungkinkan produk-produk elektronik dibuat menjadi jauh lebih tipis jika dibanding dengan teknologi Tabung Sinar Katoda (Cathode Ray Tube atau CRT). Jika dibandingkan dengan teknologi CRT, LCD juga jauh lebih hemat dalam mengkonsumsi daya karena LCD bekerja berdasarkan prinsip pemblokiran cahaya sedangkan CRT berdasarkan prinsip pemancaran cahaya. Namun LCD membutuhkan lampu backlight (cahaya latar belakang) sebagai cahaya pendukung karena LCD sendiri tidak memancarkan cahaya. Beberapa jenis backlight yang umum digunakan untuk LCD diantaranya adalah backlight CCFL (Cold cathode fluorescent lamps) dan backlight LED (Light-emitting diodes).



Gambar Penampang komponen penyusun LCD
Keterangan:
1. Film dengan polarizing filter vertical untuk memolarisasi cahaya yang masuk.
2. Glass substrate yang berisi kolom-kolom elektroda Indium tin oxide (ITO).
3. Twisted nematic liquid crystal (kristal cair dengan susunan terpilin).
4. Glass substrate yang berisi baris-baris elektroda Indium tin oxide (ITO).
5. Film dengan polarizing filter horizontal untuk memolarisasi cahaya yang masuk.
6. Reflektor cahaya untuk memantulkan cahaya yang masuk LCD kembali ke mata pengamat.

Sebuah citra dibentuk dengan mengombinasikan kondisi nyala dan mati dari pixel-pixel yang menyusun layar sebuah LCD. Pada umumnya LCD yang dijual di pasaran sudah memiliki integrated circuit tersendiri sehingga para pemakai dapat mengontrol tampilan LCD dengan mudah dengan menggunakan mikrokontroler untuk mengirimkan data melalui pin-pin input yang sudah tersedia.


Kaki-kaki yang terdapat pada LCD


b. Arduino

Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel. Arduino yang kita gunakan dalam praktikum ini adalah Arduino Uno yang menggunakan chip AVR ATmega 328P. Dalam memprogram Arduino, kita bisa menggunakan komunikasi serial agar Arduino dapat berhubungan dengan komputer ataupun perangkat lain.

Adapun spesifikasi dari Arduino Uno ini adalah sebagai berikut :

 

Arduino Uno

Bagian-bagian arduino uno:

-Power USB

Digunakan untuk menghubungkan Papan Arduino dengan komputer lewat koneksi USB.

-Power jack

Supply atau sumber listrik untuk Arduino dengan tipe Jack. Input DC 5 - 12 V.

-Crystal Oscillator

Kristal ini digunakan sebagai layaknya detak jantung pada Arduino. Jumlah cetak menunjukkan 16000 atau 16000 kHz, atau 16 MHz.

-Reset

Digunakan untuk mengulang program Arduino dari awal atau Reset.

-Digital Pins I / O

Papan Arduino UNO memiliki 14 Digital Pin. Berfungsi untuk memberikan nilai logika ( 0 atau 1 ). Pin berlabel " ~ " adalah pin-pin PWM ( Pulse Width Modulation ) yang dapat digunakan untuk menghasilkan PWM.

-Analog Pins

Papan Arduino UNO memiliki 6 pin analog A0 sampai A5. Digunakan untuk membaca sinyal atau sensor analog seperti sensor jarak, suhu dsb, dan mengubahnya menjadi nilai digital.

-LED Power Indicator

Lampu ini akan menyala dan menandakan Papan Arduino mendapatkan supply listrik dengan baik.

Bagian - bagian pendukung:

-RAM

RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak. Secara umum ada 2 jenis RAM yaitu SRAM (Static Random Acces Memory) dan DRAM (Dynamic Random Acces Memory).

-ROM

ROM (Read-only Memory) adalah perangkat keras pada computer yang dapat menyimpan data secara permanen tanpa harus memperhatikan adanya sumber listrik. ROM terdiri dari Mask ROM, PROM, EPROM, EEPROM.

Block Diagram Mikrokontroler ATMega 328P pada Arduino UNO

Adapun block diagram mikrokontroler ATMega 328P dapat dilihat pada gambar berikut:



Block diagram dapat digunakan untuk memudahkan / memahami bagaimana kinerja dari mikrokontroler ATMega 328P.

Pin-pin ATMega 328P:

            Rangkaian Mikrokontroler ATMega 328P pada Arduino UNO





3. Rangkaian [Kembali]





4. Prinsip Kerja [Kembali]

Percobaan yang dilakukan adalah menampilkan nama-nama anggota kelompok 27 praktikum mikroprosessor & mikrocontroller. Komponen yang digunakan adalah Arduino Uno, LCD, potensiometer, dan keypad. 

dengan menggunakan program  dibawah

#include <LiquidCrystal.h> //Deklarasi libary LCD

#include <Keypad.h> //Deklarasi library Keypad


const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris

const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom

char keys[ROWS][COLS] = {

    {'1','2','3'},

    {'4','5','6'},

    {'7','8','9'},        //Inisialisasi keypad matriks 4x3

    {'*','0','#'}

};


byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris

byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom


//Inisialisasi Library dengan pin yang digunakan

LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);

Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );

void setup() {             //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali

  //Set baris dan kolom LCD

  Serial.begin(9600);

  lcd.begin(16,2);

}


void loop() {              //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang

char key = keypad.getKey();  //Membaca keypad


    if (key == '1') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

        lcd.print("pretty");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD

        Serial.println("pretty");

    }

        if (key == '2') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

        lcd.print("saiydul");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD

        Serial.println("saiydul");

    }

        if (key == '3') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

        lcd.print("daffa");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD

        Serial.println("daffa");

    }

        if (key == '4') {  //Kondisi pilihan jika keypad ditekan

        lcd.print("Kami kel.27 oke");  //Menampilkan input dari keypad pada LCD

        Serial.println("Kami kel.27 oke");

    }

}


   Sehingga pada saat program diupload ke arduino, yang apabila tombol keypad ditekan 1, maka nama yang akan ditampilkan adalah nama Pretty, jika ditekan nomor 2, yang ditampilkan nama Saiydul, jika 3, yang ditampilkan nama Daffa, begitu juga jika ditekan nomor 4, maka lcd akan menampilkan Kami kel.27 oke.



5. Video Percobaan [Kembali]


6. Analisis [Kembali]

1) Apa fungsi pin VSS, VDD, E, RW, dan RS pada masing masing pin LCD? Kemanakah pin tersebut dihubungkan pada percobaan yang telah dilakukan?

Jawab:
1.) fungsi vss yaitu sebagai pin yang dihubungkan ke ground
2.) vdd sebagai pin yang di hubungkan ke power supplay
3.) E atau enable digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penulisan karakter
4.) rw sebagai penentu mode lcd
5.) rs sebagai arduino untuk memilih lokasi memori

2) Apa fungsi sintaks serial.begin(9600) pada sintaks program yang telah dibuat? Jika dihilangkan, apakah berpengaruh terhadap output yang dihasilkan? Jelaskan menurut pemahaman Anda!
Jawab:
Serial.begin(9600) merupakan suatu sintaks dalam menentukan kecepatan dan penerimaan data melalui port serial.angka 9600 pada serial.begin(9600) berarti kecepatan penerimaan data sebesar 9600 bps(bit per second),kecepatan 9600 inilah yang biasa digunakan pada arduino. Namun, kecepatan transfer  data arduino sendiri bisa mencapai 11.206 bps(bit per second). Jika bagian tersebut dihilangkan maka kecepatan transfer data tidak ada yang mengakibatkan rangkaian tidak berfunsgi.

7. Download [Kembali]

Download HTML [klik disini]
Download video rangkaian [klik disini]
Download listing program [klik disini]
Datasheet Keypad [klik disini]
Datasheet LCD [klik disini]
Datasheet Arduino UNO [klik disini]
Library Arduino UNO [klik disini] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar